Manfaat Antioksidan untuk kesehatan dan kecantikan. Seiring dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, maka semakin menggema pula istilah Antioksidan. Bagi anda yang sudah sejak lama mengetahui apa itu Antioksidan tentu sudah sangat paham mengenai manfaat dari zat atau senyawa tersebut.

Namun bagi beberapa orang yang masih sangat awam, ketika mendengar kata Antioksidan yang tergambar adalah sesuatu yang baik karena bisa mempertahankan daya tahan tubuh serta mencegah penuaan dini.

makanan antioksidan

makanan antioksidan – Sumber : www.komika.id

Definisi dari Antioksidan secara sederhana bisa digambarkan dengan sebuah pengertian bahwa Antioksidan adalah sebuah zat atau senyawa yang bisa melindungi sel-sel yang ada pada tubuh manusia dan secara aktif dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang berkeliaran di sekitar manusia.

Namun anda perlu memahami juga bahwa Antioksidan kadang juga bisa memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi saat ini begitu banyak jenis suplemen yang diklaim memiliki zat Antioksidan, tujuan utamanya adalah untuk mempermudah semua orang untuk mendapatkan suplai Antioksidan tetapi yang paling bagus adalah mengkonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

Mengkonsumsi Antioksidan juga bisa anda peroleh dari buah dan sayuran langsung. Diantara buah atau sayuran tersebut adalah sebagai berikut:
• Golongan buah berry, termasuk didalamnya adalah blackberry, blueberry, strawberry dan raspberry dan cranberry.
• Apel.
• Manggis.
• Ceri.
• Jeruk.
• Anggur merah.
• Buah Pulm atau buah delima.
• Brokoli.
• Sawi hijau.
• Lobak.
• Paprika merah.
• Bayam.
• Teh hijau.
• Minyak zaitun.

Yang disebutkan di atas adalah beberapa jenis makanan yang sangat tinggi kandungan zat Antioksidan didalamnya. Namun secara umum ada banyak sekali jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan Antioksidan meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Tahukah anda bahwa Antioksidan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikan kulit, untuk menambah semangat anda dalam mengkonsumsi makanan-makanan sehat tersebut, maka simaklah ulasan mengenai beberapa hal yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi zat Antioksidan.

1) Membuat awet muda
Usia memang boleh bertambah namun tetap menarik dipandang mata adalah salah satu tujuan setiap orang baik itu pria maupun wanita. semakin bertambah usia maka kemungkinan terjadinya tanda-tanda penuaan memang akan semakin kuat.
Bahkan saat ini muncul istilah penuaan dini, karena beberapa orang yang berusia relatif muda sudah mengalami tanda-tanda penuaan seperti wajah yang mulai terdapat kerutan atau pori-pori wajah yang membesar.
Efek penuaan ini bisa muncul ketika sel-sel dalam tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, hal ini bisa dikarenakan oleh pengaruh radikal bebas. Oleh karenanya diperlukan senjata yang ampuh untuk menghalau radikal bebas tersebut, yaitu Antioksidan.

2) Minim terkena resiko kanker
Kanker bisa dialami oleh semua orang, jenis-jenis penyakit kanker pun sudah sangat banyak sekali. Penyakit kanker muncul ketika terjadi aktivitas anormal pada sel-sel di dalam tubuh, bisa jadi juga akibat kerusakan pada sel tersebut.
Karena pengaruh gaya hidup dan juga polusi udara atau bisa juga akibat pencemaran lingkungan, sel-sel tubuh akan mudah sekali mengalami kerusakan. Namun hal ini dapat ditekan dengan hadirnya senyawa Antioksidan di dalam tubuh anda.

3) Kulit bebas jerawat
Jerawat memang penyakit kulit yang umum dialami oleh semua orang, namun ada kalanya jerawat tersebut berubah menjadi penyakit kronis yang sulit disembuhkan. Mengkonsumsi zat Antioksidan secara rutin dan tepat akan membantu anda untuk mendapatkan kulit yang sehat bebas jerawat.
Karena penyebab jerawat tidak hanya dari faktor makanan yang anda konsumsi saja, tetapi bisa juga akibat dari gangguan sistem metabolisme tubuh dan hal ini bisa diatasi oleh Antioksidan yang anda konsumsi.

4) Terhindar dari gangguan jantung
Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital sehingga fungsinya sangatlah mempengaruhi kinerja tubuh secara keseluruhan. Gangguan pada jantung bisa dipengaruhi oleh ketidaknormalan kandungan kolesterol jahat, kadar asam urat dan tekanan darah pada tubuh seseorang.
Seakan memiliki hubungan sanak famili, beberapa penyakit tersebut biasanya selalu hadir bersamaan ketika seseorang menderita penyakit jantung. Antioksidan dapat membantu tubuh anda untuk mendapatkan kadar tekanan darah, kadar asam urat maupun kadar kolesterol jahat yang normal atau masih dalam tahap bisa ditolerir.

5) Keindahan rambut
Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita, keindahan rambut adalah salah satu kebanggaan bagi seorang wanita. untuk menjaga keindahan rambut ini anda dapat mengambil manfaat teh hijau yang juga termasuk dalam kategori sumber Antioksidan yang cukup melimpah.
Cara penggunaan teh hijau ini bisa dilakukan dengan dua cara sekaligus, yaitu dengan menyeduhnya sebagai minuman kesehatan. atau bisa juga dengan menjadikan teh hijau sebagai masker rambut.

6) Regenerasi sel secara sempurna
Dalam hal ini terutama terkait dengan sel-sel yang ada pada kulit manusia, yang secara umum sering terpapar oleh sinar UV baik sengaja maupun tidak. Efek buruk dari sinar UV adalah bisa merusak sel-sel kulit tersebut. perlindungan sel kulit dengan menggunakan tabir surya atau sunblock saja sepertinya kurang maksimal.
Karena ia hanya bisa melindungi saja namun berbeda halnya ketika anda juga mengkonsumsi Antioksidan maka sel-sel kulit yang telah rusak akan segera diperbaiki oleh zat Antioksidan yang mengalir dalam darah anda.
Pada akhirnya anda akan mendapati kulit tampak sehat, cerah dan tipis kemungkinan untuk menderita kanker kulit.

7) Penyembuhan luka
Bagi penderita diabetes mellitus, luka adalah merupakan salah satu kejadian yang seharusnya dihindari karena cukup sulit untuk bisa mendapati luka tersebut segera kering. Namun kondisi ini bisa diperbaiki oleh adanya Antioksidan dalam tubuh anda.
Zat Antioksidan secara aktif akan membantu memperbaiki jaringan kulit yang berada di area yang timbul luka. Sehingga akan membuat luka tersebut cepat kering dan sembuh seperti sedia kala. Tidak hanya untuk penderita diabetes saja, Antioksidan juga bisa membantu menghaluskan kulit yang terdapat luka bekas jerawat, agar permukaan kulit bisa halus kembali.

8) Anti inflamasi
Peradangan kerap terjadi saat bagian tubuh mengalami infeksi. Biasanya peradangan juga disertai dengan rasa nyeri. Dengan mengkonsumsi zat Antioksidan maka peradangan tersebut dapat diminimalisir.

Demikian adalah ulasan mengenai Manfaat Antioksidan untuk kesehatan dan kecantikan semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *